web 2.0
"INFORRMATIKA SERVICE CENTER" Pusat Informasi & Konsultasi (Melayani Service Komputer, Kursus Teknisi Komputer, Privat/group; 085 742 264 622

Kamis, 21 Juli 2011

HAMDANAH


TINJAUAN LAMA PERAWATAN, PENYAKIT PENYERTA DAN DATA EPIDEMIOLOGI DESKRIPTIF PASIEN RI JAMKESMAS DENGAN KASUS PENYAKIT TYPHOID PADA TAHUN 2010 DI RS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.
Salah satu indikator rawat inap untuk menilai efisiensi pelayanan kesehatan rawat inap yaitu AvLOS  ( Average Length Of Stay ) yang merupakan rata-rata jumlah hari pasien rawat inap tinggal di rumah sakit, tidak termasuk bayi lahir. Berdasarkan Barber Johnson, standar ideal efisiensi AvLOS adalah 3-12 hari. Di RS. Islam Sultan Agung kasus Typhoid pada pasien RI Jamkesmas pada tahun 2010 sebanyak 106  diantaranya terdapat 22% pasien yang memiliki masa perawatan melebihi standar Depkes yaitu 6,13 hari. Pembayaran klaim jamkesmas didasarkan atas LOS rata-rata sesuai standar Depkes yaitu 6,13 hari. Apabila rata-rata LOS di Rumah sakit melebihi standar Depkes maka asumsi yang sehat LOS yang ada adalah tagihan rumah sakit. Tujuan Penelitian ini adalah Mengetahui lama perawatan (LOS), penyakit penyerta dan data epidemiologi deskriptif pasien RI Jamkesmas dengan kasus penyakit Typhoid pada tahun 2010 di RS. Islam Sultan Agung Semarang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi. Subjek penelitian adalah pasien Jamkesmas penderita Typhoid. Objek penelitiannya adalah indeks penyakit (entery data) kasus Typhoid dan DRM dengan kasus yg sama
Berdasarkan hasil penelitian penyakit Typhoid pada pasien Jamkesmas tahun 2010 banyak terjadi pada golongan umur 5-14 tahun dengan persentase sebesar 43%, banyak terjadi pada penderita berjenis kelamin laki-laki dengan persentase 52%, terjadi di daerah Semarang Timur dengan persentase sebesar 45% pada bulan Januari dengan persentase sebesar 13%. Penyakit penyerta terbanyak adalah DHF dan TB masing-masing 9 pasien, memiliki masa perawatan (LOS) lebih dari 6,13 hari yaitu sebanyak 23 orang dengan persentase sebesar 22%, dan yang memiliki masa perawatan (LOS) lebih dari atau sama dengan 6,13 hari yaitu sebanyak 83 orang dengan persentase 78%.
Memanjangnya masa perawatan tidak disebabkan karena faktor usia yang lanjut dan adanya penyakit penyerta yang dimiliki oleh penderita. Sebaiknya ada perbaikan sanitasi lingkungan oleh dinas kesehatan di wilayah yang rentan terjangkit penyakit typhoid.

Kata kunci       : Lama Dirawat, Typhoid
Kepustakaan   : 17 (1993 – 2010)

0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar

free counters

¾